Minggu, 05 Agustus 2012

PENGERTIAN POLITIK

Pengertian Politik

Politik berasal dari kata “ polis” (negara kota), yang kemudian berkembang menjadi kota dalam berbagai bahasa. Antara lain bahasa Inggris seperti polity, politic, politics, political, politician, police, dan policy itu berasal dari kata tersebut. Politik adalah cara yang ditentukan oleh seorang individu atau suatu kelompok untuk mencapai sesuatu. Aristoteles dalam Politics mengatakan bahwa “pengamatan pertama – tama menunjukan kepada kita bahwa setiap polis atau negara tidak lain adalah semacam asosiasi. Politik juga merupakan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Penguraian politik seringkali ditujukan kepada aspek tertentu dari politik itu sendiri yang biasanya merupakan saling keterkaitan yang rumit antara kebijaksanaan, kekuatan, kekuasaan, pemerintahan, konflik, dan pembagian atau distribusi dan alokasi kepentingan.

- Menurut Karl Deutsch, politik dapat diartikan sebagai koordinasi yang dapat dipercaya dari semua usaha dan pengharapan manusiawi untuk memperoleh tujuan-tujuan masyarakat.

- Talcott Parsons menyatakan bahwa politik merupakan aspek dari semua perbuatan yang berkenaan dengan usaha kolektif bagi tujuan-tujuan kolektif.

- Peter von Oertzen berpendapat bahwa politik adalah tindakan yang dijalankan menurut suatu rencana tertentu, terorganisasi dan terarah, yang secara tekun berusaha menghasilkan, mempertahankan atau merubah susunan kemasyarakatan.

Istilah politik dalam ketatanegaraan berkaitan dengan tata cara pemerintahan, dasar dasar pemerintahan, ataupun dalam hal kekuasaan Negara. Politik pada dasarnya menyangkut tujuan-tujuan masyarakat, bukan tujuan pribadi. Politik biasanya menyangkut kegiatan partai politik, tentara dan organisasi kemasyarakatan.

Maka dapat disimpulkan bahwa politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan kebijakan dan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar